Saturday, April 2, 2016

Mata Kuliah yang ada pada jurusan PMIPA/program studi Pendidikan Matematika


               Hallo, teruntuk para adik-adik yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dan khususnya yang akan mengambil program studi pendidikan matematika, Pada kesempatan ini saya akan sharing mata kuliah apa saja yang dipelajari pada jurusan PMIPA pada program studi pendidikan matematika
               Sebelumnya di blog ini, saya akan mengelompokkan mata kuliah yang ada di program studi pendidikan matematika ke dalam 3 kelompok yaitu Mata kuliah Dasar, Mata kuliah kependidikan,  Mata kuliah khusus matematika.  Baiklah ,kita akan menguraikannya satu-satu. Apa saja sih ?
1. Mata kuliah Dasar
               Pada kelompok mata kuliah ini, akan dipelajari matkul2 yang umum dipelajari di semua jurusan dan pernah kalian dapatkan di bangku sekolah. Biasanya dipelajari di tingkat pertama kuliah, seperti matkul Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PLSBT, Pancasila, Kewarganegaraan.Dari mata kuliah tersebut kalian sudah tau kan mempelajari apa saja, so gak akan aku bahas ya… dan biasanya kalau jumlah mahasiswa satu jurusan yang seangkatan masih sedikit, kuliah dapat digabung dengan jurusan lain sesama satu fakultas . jadi teman satu kelas tidak hanya dari jurusan PMIPA / prodi pendidikan matematika saja .

NB: satu lagi mata kuliah yang dipelajari kalau kalian masuk Universitas Langlangbuana, yaitu matkul Kriminalistik dan Hukum Kepolisian, ini adalah mata kuliah yang dipelajari di semua prodi UNLA, karena UNLA bernaung di bawah yayasan Kepolisian Daerah Jawa Barat (POLDA JABAR) jadi ada matkul yang khas yang mempelajari tentang kriminologi dan hukum kepolisian

               Nah pada kelompok mata kuliah ini, akan mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan pendidikannya, karena kita bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jadi selain ilmu matematika nya yang kita dapat,sebagai bekal buat calon guru, maka mau tidak mau ilmu pendidikan dan keguruannya pun harus kita dapatkan. Di tingkat 1-2, yang akan dipelajari seperti Pengantar pendidikan ,Dasar2 Pendidikan Matematika dan IPA (DASPEN MIPA), Perkembangan Peserta Didik (PPD), Belajar dan Pembelajaran, Telaah Kurikulum & Pengembangan Bahan Ajar Matematika (Bangjarmat), Profesi Kependidikan, Strategi Pembelajaran Matematika(SPM). Kemudian di tingkat3-4 yang akan dipelajari Evaluasi Pembelajaran Matematika (EPM) , seminar matematika, Penelitian Pendidikan Matematika (PPM), Perencanaan Pembelajaran Matematika , Kemampuan Dasar Mengajar Matematika (KDM). Mau tau apa saja yang dipelajari dari kelompok mata kuliah ini? klik pada sub judulnya ya !

NB : Dan satu lagi matkul yg akan membuat kita terjun ke lapangan sebagai calon guru untuk mempraktekan semua ilmu yang telah kita dapat di bangku kuliah yaitu Program Pengenalan Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan di sekolah dan biasanya dilaksanakan pada semester 8. Tulisan saya mengenai Pengalaman PPL , bisa kalian baca disini.

3. Mata kuliah khusus matematika
Nah pada kelompok matkul ini , khusus mempelajari cabang-cabang dari ilmu matematika sendiri. Kalau kalian masuk prodi matematika murni, pasti akan mempelajari ini dan pastinya lebih di perdalam lagi .


a.Aljabar
ü  Aljabar dasar
ü  Aljabar Matriks
ü  Aljabar Linear
ü  Struktur ALjabar

b. Geometri
ü  Geometri Dasar
ü  Geometri Analisis Bidang
ü  Geometri Analisis Ruang
ü  Geometri Transformasi
c. Teori Bilangan
d. Teori Himpunan dan Logika Matematika
e. Statistika
ü  Statistika Dasar
ü  Statistika Matematika
ü  Statistika Penelitian
ü  Aplikasi Statistika
f.Program Komputer
ü  Program computer 1
ü  Program computer 2
g. Trigonometri
h. Kalkulus
ü  Kalkulus 1
ü  Kalkulus 2
ü  Kalkulus 3
J. Kapita Selekta Matematika
ü  Kapsel 1
ü  Kapsel 2
i. Matematika Ekonomi
j. Program Linear
k. Matematika Diskrit
l. Analisis Vektor
m. Analisis numeric
n. Analisis runtun waktu
o. Analisi multivariate
p. Analisis Real
q. Persamaan Differensial
r. ekonometri




NB:  ada satu Mata kuliah yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang akan ditempuh disemester 6, mata kuliah ini adalah bentuk dari salah satu tribakti perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat , nanti kita akan terjun ke tengah masyarakat selama +- 40 hari dengan membuat program kerja nyata sebagai bentuk  pengabdian pada masyarakat seperti membangun jembatan didesa, membuat taman bacaan ,memberdayakan UKM desa, penyuluhan2 tentang pentingnya pendidikan,keselamatan berkendara, terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat lainnya,dll. Kegiatan ini akan digabung dengan semua mahasiswa program studi lain di universitasmu. Dijamin seru, banyak pengalaman yang akan didapatkan.

Oke sekian dulu sharing dari saya, untuk mengetahui isi dari matkul2 diatas mempelajari apa saja ,kalau ada waktu akan di sharing di post berikutnya ya, semoga menambah wawasanmu dan kamu mau masuk prodi Pendidikan Matematika ya !
Salam Matematika :D


No comments: